Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

Benjolan Daging Pada Kelamin

14 Octobre 2018 Publié dans #kesehatan, #kutil kelamin, #hpv, #cara mengatasi kutil kelamin, #kutil pada kelamin

Benjolan daging pada kelamin dapat pula disebabkan oleh kutil kelamin. Kutil kelamin merupakan daging yang tumbuh pada bagian alat kelamin. Pada umumnya kutil kelamin berwarna merah muda atau bahkan dapat juga merah. Kutil kelamin merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin dapat tumbuh pada beberapa titik pada organ intim mereka. Pada wanita biasanya kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian daerah vulva, dinding vagina, leher rahim, dan pada daerah yang berada diantara alat kelamin eksternal dan anus.

Gejala umum kutil kelamin adalah munculnya benjolan daging pada kelamin, kecil, dan berwarna terang, kutil kelamin juga dapat tumbuh hingga seperti kembang kol yang ukuranya bisa sangat kecil sekitar 1–2 milimeter hingga muncul dalam kelompok besar. Kutil kelamin dapat tumbuh tersebar pada bagian kulit kelamin, penis atau sekitar anus. Pada wanita kutil kelamin biasanya akan mempengaruhi bagian bibir vagina,di dekat anus,di dalam vagina,di rahim,atau pembukaan serviks.

Penyebab Benjolan Daging Pada Kelamin

Kutil kelamin atau condiloma acuminata disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV) yang menginfeksi lapisan permukaan kulit. Lebih dari 100 jenis virus HPV, dan hanya beberapa yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kutil kelamin. Virus kutil kelamin dapat menyebar dengan cepat melalui kontak seksual dengan mereka yang terinfeksi.

Rentannya seseorang mengalami benjolan daging pada kelamin atau kutil kelamin  biasanya ditunjang oleh beberapa faktor risiko, seperti :

• Sering berganti-ganti pasangan seksual tanpa menggunakan pelindung.
• Berhubungan seksual dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak jelas.
• Pernah memiliki riwayat infeksi seksual sebelumnya.
• Selain itu virus kutil kelamin juga dapat terjadi melalui sex toys (alat bantu seks) yang telah terpapar virus HPV.

Pada pria kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian daerah batang dan ujung penis, anus, serta dapat pula tumbuh pada bagian kantong zakar. Sedangkan pada wanita, biasanya kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian bagian dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus. Yang harus Anda ketahui kutil pada kelamin juga bisa tumbuh di dalam mulut dan bahkan tenggorokan seseorang yang melakukan seks oral dengan seorang penderita.

Bagaimana Gejala Awal Kutil Kelamin?

Kutil kelamin terkadang tidak memilik gejala, tetapi sebagian besar penderita kutil kelamin memiliki gejala benjolan daging pada kelamin yang tumbuh dengan ukuran sangat kecil, kutil kelamin berbentuk datar sehingga sulit terlihat secara kasat mata. Biasanya penderita kutil kelamin mengalami kondisi seperti gatal-gatal pada daerah sekitar daerah genitalnya. Kutil kelamin biasanya timbuh satu per satu, tetapi beberapa kutil kelamin juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.

Tanda gejala kutil kelamin yang muncul, antara lain adalah :

• Muncul bengkak pada bagian daerah kemaluan Anda.
• Beberapa kutil kelamin tumbuh berdekatan yang terkadanga menyerupai bentuk kembang kol.
• Muncul rasa gatal atau rasa tidak nyaman pada bagian daerah kemaluan Anda.
• Terjadi perdarahan pada saat hubungan seksual.

Bahaya Kutil Kelamin Jika Tidak Segera Diatasi

Virus HPV memiliki lebih dari 100 jenis, tetapi tidak semua dapat menyebabkan terjadinya kutil kelamin. Hanya sekitar 40 jenis yang ditularkan melalui kontak seksual. 4 diantaranya yang sering retjadi adalah tipe 6, 11, 16, dan tipe 18. Terjadinya benjolan daging pada kelamin atau kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Setelah masuk ke tubuh, virus HPV berdiam dalam sel dan memperbanyak diri. Setelah itu, virus akan keluar dari sel inang dan menyerang sel lain yang sehat. Kanker serviks adalah namujenis kanker yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18.

Karena penyebab kutil kelamin adalah virus HPV, maka ditakutkan bahwa hal ini menyebabkan seseorang menjadi rentan terhadap kanker servik atau kanker mulut rahim yang disebabkan oleh virus dengan strain (jenis) yang sama dengan kutil kelamin. Tetapi tidak berarti jika Anda mengalami kutil kelamin maka Anda akan terkena kanker serviks.

Bagaimana Cara Mengatasi Benjolan Daging Pada Kelamin

Penderita yang mengalami benjolan daging pada kelamin atau mengalami kutil kelamin, yang telah terinveksi virus HPV sangat disarankan untuk segera melakukan pengobatan sedini mungkin sebelum Virus HPV penyebab kutil kelamin makin banyak atau berkembang biak, jika makin lama dibiarkan hal ini akan semakin memperparah kondisi organ vital karena kutil kelamin akan terus membesar sehingga terlihat seperti jengger ayam.

Cara yang sering di lakukan untuk mengatasi kutil kelamin adalah dengan cara pembedahah atau operasi, metode pembedahan yang dapat Anda lakukan, antara lain :

• Cryotherapy

Jenis yang dilakukan untuk pembedahan ini dilakukan untuk membekukan kutil dengan menggunakan nitrogen cair.

• Elektrokauter

Prosedur ini biasanya menggunakan arus listrik untuk membakar kutil.

• Eksisi Bedah

Tindakan ini dilakukan untuk memotong kutil yang ada pada organ intim Anda. Ketika Anda melakukan pembedahan ini, Anda memerlukan anestasi lokal.

• Terapi Laser

Dokter biasanya menggunakan balok intens cahaya dan biasanya jenis pengobatan ini dilakukan ketika ukuran kutil Anda sudah sangat besar dan sulit untuk diatasi.

Partager cet article
Repost0
Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article