Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

Penyebab Dan Gejala Kencing Nanah Pada Wanita

23 Septembre 2018 Publié dans #health, #kesehatan, #gonore, #kencing nanah, #kencing nanah pada wanita, #ciri ciri gonore, #bahaya gonore

Kencing nanah pada wanita maupun pria atau dalam medisnya dikenal dengan gonore merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea. Gejala gonore yang sering muncul yaitu nyeri saat BAK, keluar cairan kental seperti nanah. Gejala pada pria yang jarang terjadi, misalnya sakit pada testis, radang atau pembengkakan pada kulup.

Pria dan wanita juga dapat terkena infeksi di tenggorokan, dubur, atau mata, karena melakukan seks oral atau anal. Kencing nanah merupakan penyakit menular seksual yang cukup berbahaya dan tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang serius. Kencing nanah pada wanita adalah penyakit yang bisa menular kepada siapa saja melalui kontak seksual. Jika kencing nanah pada wanita dibiarkan maka pasangan Anda mungkin akan terkena imbasnya dengan tertular oleh penyakit ini. 

Apa Penyebab Kencing Nanah Pada Wanita?

Kencing nanah disebabkan oleh bakter Neisseria gonorhoeae serta ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit kencing nanah pada wanita antara lain adalah:

  1. Disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat.
  2. Pada wanita biasanya penyakit kencing nanah disebakankan karena sering berganti – ganti pasangan seksual tanpa menggunakan pengaman.
  3. Kurang menjaga kebersihan bagian organ intim.
  4. Sudah memiliki riwayat penyakit menular seksual sebelumnya.
  5. Berhubungan pasangan dengan seseorang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

Bagaimana Gejala Kencing Nanah Pada Wanita?

Setelah masa inkubasi lima sampai tujuh hari, biasanya kencing nanah pada wanita cenderung tidak menunjukkan gejala. Penderita kencing nanah biasanya tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau beberapa bulan setelah terinfeksi penyakit ini, dan bahakan diketuahui menginap penyakit ini setelah mengetahui pasangan seksualnya tertular penyakit gonorrhea atau kencing nanah.

Dan walaupun penyakit kencing nanah pada wanita menunjukan gejala biasanya bersifat ringan. Tetapi sebagian penderita kencing nanah pada wanita menunjukan gejala yang berat seperti nyeri saat buang air kecil, keluarnya cairan dari vagina, desakan untuk buang air kecil, dan demam.

Apa Saja Bahaya Gonore?

Bahaya gonore atau kencing nanah pada wanita yang di khawatirkan adalah terjadinya infeksi pada bagian daerah serviks, biasanya infeksi juga dapat terjadi pada bagian daerah uretra. Selain itu kencing nanah juga dapat menginfeksi pada daerah sekitar kelenjar bartholin sehingga hal ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi (bartholinitis). Jika kelenjar bhartolin terinfeksi maka akan rentan terhadap infeksi yang menyebabkan peradangan atau penyumbatan.

Apabila kencing nanah muncul selama masa kehamilan wanita, dapat menyebabkan komplikasi yang kemungkinan bayi akan lahir prematur, terjadinya infeksi neonatal, serta penderitnya akan mengalami keguguran yang diakibatkan dari infeksi gonokokkus. Serta biasanya akan muncul sepsis pada seorang bayi yang baru lahir, hal ini disebabkan dari gonorrhea yang ada pada ibunya.  Selain itu kencing nanah yang tidak segera diatasi dapat menyerang uretra, leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra serta bagian rektum yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada bagian panggul pada saat berhubungan seksual. Yang harus diwaspadai juga adalah ketika kencing nanah pada wanita tidak segera diatasii dengan baik, hal ini dapat menyebakan terjadinya infertilitas (kemandulan).  

Bagaimana Cara Pengobatan Kencing Nanah Pada Wanita?

Untuk mengatasi penyakit kencing nanah diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda benar mengalami kencing nanah atau tidak. kemudian dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan tingkat keparahan. Jika mengalami tanda gejala diatas, sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter segera. Jangan mengulur-ulur waktu pengobatan karena penyakit ini cukup berbahaya bagi kesehatan.

Partager cet article
Repost0
Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article